Yamaha Cermin Pemuda Masa Depan

Oleh : Ust. Sugiharto, MA

Di sebuah dusun yang terpencil, lahirlah seorang bayi mungil dari keluarga tidak mampu. Rumahnya beratapkan jerami, berdinding bambu dan berlantai tanah.Oleh kedua orang tuanya, bayi tersebut diberi nama Yamaha. Sejak kecil, ia dididik dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Kedua orang tuanya, selalu menanamkan akan perlunya bekerja keras dalam hidup, pentingnya menghargai waktu , mau mendengarkan kritik yang membangun serta mena`ati peraturan yang ada di masyarakat.

Berkat usaha keras kedua orang tuanya, Yamaha tumbuh menjadi remaja yang dikenal sangat disiplin, terpercaya dilingkungan teman-temannya, selalu puny a ide-ide cemerlang, mau menerima kritik untuk perbaikan dirinya serta selalu taat pada peraturan yang berlaku. Karena, kepribadiannya yang sangat menonjol, Yamaha pun terpilih menjadi ketua Karang Taruna di desanya.Tapi, ia memang  dikenal sebagai anak yang  sangat rendah hati. Jadi, meskipun terpilih sebagai ketua, ia tidak serta merta menjadi arogan dan mempermalukan calon-calon lain yang tidak terpilih. Ia,bahkan mendorong rival-rivalnya  itu agar mau bekerja sama dengan baik untuk kemajuan bersama. Rupanya, keluwesan  cara bergaul dan keluasan cara berpikir Yamaha telah membuka hati lawan-lawannya untuk mengakui, bahwa Yamaha memang anak muda yang visioner dan selalu di depan serta selangkah lebih maju dibanding teman-temannya.

Rupanya, pepatah yang mengatakan, menuntut ilmu di waktu kecil bagai mengukir diatas batu berlaku untuk Yamaha. Semua nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh kedua orang tuanya betul-betul tertanam , terpatri dan terukir di dalam dirinya. Sehingga, seluruh sepak terjang dalam hidupnya diwarnai dengan hal-hal yang menakjubkan.Kenapa. karena dalam melakukan hal apapun, dia berusaha untuk tampil sempurna, cermat,teliti dan terkenal sangat hati-hati.Dalam memilih kendaraan yang menjadi tulang punggung kegiatannya, misalnya, Yamaha memilih motor yang menjadi ikon di negaranya.Setiap pagi i , ia selalu memeriksa motornya dari mengecek rem, isi bensin sampai ke hal paling kecil sekalipun.Dalam mengendarai motor, ia selalu menggunakan celana dan baju panjang, sarung tangan, sepatu tertutup dan helm standar. Jika jalanan terlihat licin, ia akan mengurangi kecepatan, menjaga jarak dan tetap waspada untuk melakukan pengereman jika sewaktu-waktu kendaraan di depannya berhenti mendadak atau lampu lalulintas menunjukan merah sebagai tanda berhenti.Semua yang dilakukan Yamaha adalah semata-mata demi keselamatannya dalam berkendaraan.

Untuk melahirkan generasi Yamaha perlu kerja keras para orang tua dalam menanamkan nilai-nilai, melatih keterampilan hidup, melakukan pembiasaan, memberikan bacaan yang berkualitas, menstimulus pikiran-pikiran positif, berbagi pengalaman dan mengajarkan anak untuk mengalami  sesuatu serta mendorong anak agar mau berinteraksi dengan sesama.

Iklan

Kasih komentar dong temen-temen semua . . .

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s